Sunday, January 4, 2015

Perawatan Kulit


Courtesy Of
http://statics.beritagar.com/uploads/articles/2013/08/15/19_beritagar_wash_face_l.jpg


Siapa yang tak mau kulit sehat? Semua orang pasti menginginkannya, bukan?
Karena kulit berada diluar dan paling sering mengalami masalah, ada baiknya kita mulai merawat kulit kita. Ini demi kebaikan kita sendiri.
Langsung saja tanpa berlama-lama berikut beberapa tips perawatan bagi kulit.

  • Selalu gunakan tabir surya atau sunblock
Kulit kita selalu terkena cahaya matahari, bukan? Ada baiknya untuk mengurangi dampak buruk dari paparan cahaya matahari kulit kita harus selalu dilapisi oleh tabir surya atau sunblock. Sunblock yang bagus adalah sunblock yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

  • Mandi
Mandi adalah aktivitas yang sudah biasa, bukan? tapi tak jarang ada sebagian orang yang jarang mandi. Mandi secara teratur dapat membantu kulit untuk tetap terlihat sehat dan segar. Tap jangan mandi terlalu sering karena hal ini dapat merusak kulit. mandi idealnya dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari mengingat Indonesia adalah negara tropis, dimana kita sangat mudah berkeringat karena suhu di negara tropis jauh lebih hangat dari pada negara diluar wilayah tropis.

  • Luluran
Dengan luluran sel kulit mati akan mudah terangkat sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersih. Lakukanlah luluran sebelum mandi setiap 2 minggu sekali, atau 3 kali dalam sebulan. Ada baiknya jika menggunakan lulur yang alami.

  • Maskeran untuk kulit wajah
Selain kulit tubuh yang perlu dibersihkan, kulit wajah juga perlu dibersihkan dan dirawat. Salah satu caranya adalah dengan maskeran. Maskeran bertujuan agar kulit terpelihara dan terawat. Maskeran ini membuat kotoran dan sel kulit mati terangkat dari kulit wajah. Usahakan untuk maskeran menggunakan bahan yang alami. Seperti putih telur, coklat, tomat, pepaya, dan masih banyak lagi.

  • Sesekali gunakan sabun yang mengandung sulfur/belerang
Sabun sulfur/belerang dapat memelihhara kulit anda dan membuatnya tidak gatal.

  • Sering minum air putih
Hal yang terlihat sepele, namun dampaknya besar. kurang minum air putih dapat membuat anda telihat lebih kusam dari pada seharusnya. 

  • Olahraga
Kurang pas jika kita menjaga kulit tanpa olahraga, kenapa? olahraga membatu sirkulasi di kulit. Kulit juga butuh diregangkan, agar sirkulasi peredaran darahnya lancar sehingga nutrisi yang dibawa oleh darah untuk kulit juga bisa dengan lancarnya terbawa. minimal lakukanlah olahraga setiap hari selama 15-30 menit saja.

  • Menjaga pola makan
Percuma jika kita menjaga kulit hanya dari luar, dari dalam juga perlu dong! caranya dengan memakan  makanan yang bergizi. Jangan asal-asalan makan ini makan itu. Ingat! you are what you eat!

  • Jangan sering begadang
Kolagen pada kulit kamu itu diproduksi pada saat kamu  beristirahat di malam hari. Jika kamu masih melek pada malam hari,  berarti jatah waktu untuk  kulit  kamu memproduksi kolagen juga berkurang. Alhasil wajah kamu kekurangan kolagen, keriput deh hehehe.

Yup!, itulah beberapa tips untuk menjaga dan merawat kulit agar tetap sehat. Semoga bermanfaat. Silakan tinggalkan komentar :D

No comments:

Post a Comment